Posted by : Arifah Nur Ainia

Jawaban :
1. Penglihatan manusia adalah suatu aktivitas yang kompleks dengan keterbatasan jarak dan persepsi. Kita dapat membagi dua persepsi penglihatan yaitu :Penerimaan phisik stimulus dari dunia luar dan pemrosesan serta interpretasi dari stimulus tersebut. Pada satu sisi, peralatan phisik dari mata dan sistem penglihatan  berarti ada beberapa hal yang tidak dapat dilihat manusia, sisi yang lain kemampuan interpretasi dari pemrosesan penglihatan mengijinkan gambar-gambar dibentuk dari informasi yang tidak lengkap. Kita perlu memahami kedua tahapan ini karena akan mempengaruhi kita dalam mendesain sistem komputer.

2. Gambar 3.1  Kerangka interaksi umum
Terdapat empat langkah dalam siklus interaksi (dimana masing-masing langkah berkorespondensi dengan perpindahan antara komponen satu ke komponen lainnya) :
1.        Sebuah task akan diartikulasi ke dalam input language
2.        Input language akan ditranslasikan ke dalam Core language sebagai suatu operasi yang akan ditampilkan oleh sistem
3.        Hasil tampilan sistem akan disajikan oleh sistem ke dalam output
4.        Selanjutnya output tersebut akan diobservasi oleh user dan dinilai apakah hasil interaksi tersebut sesuai dengan tujuan semula.

3. 

4. Memori Manusia
Terdapat tiga tipe memori atau fungsi memori yaitu : sensory memory, memory jangka pendek (working memory) dan memory jangka panjang.
a. Sensory memory
Bekerja seperti penyaring untuk rangsangan yang diterima lewat indra. Terbagi tiga yaitu : Iconic memory untuk sitmulasi penglihatan, echoic memory untuk stimulasi pendengaran, dan haptic memory untuk sentuhan. Informasi yang diterima oleh sensory memori diteruskan dengan cepat ke tempat penyimpanan memory yang permanen, atau ditimpa dan hilang 
b. Short term memory
Bekerja seperti kertas coretan untuk ingatan sementara, contoh : membaca, untuk memahami isi bacaan kita harus mengingat awal kalimat di memory kita, sampai akhir kalimat. Short term memory dapat diakses cepat yaitu 70 mdet. Juga mempunyai kemampuan terbatas. Ada dua metode untuk mengukur kapasitas dari memory ini :


212348278493202
0121 414 2626

HEC ATR ANU PTH ETR EET

 

 

1.      Menentukan panjang dari deretan angka/huruf yang dapat diingat secara urut.
Contoh : lihat : 2653976208, lalu tuliskan ! berapa digit yang dapat diingat ? manusia hanya bisa mengingat rata-rata 7 +/- 2 digit.
2.      Membolehkan item untuk dingat dalam urutan bebas.
Contoh  : 031 573 3412 apakah kita mudah mengingatnya ? disini digit dibagi –bagi, sehingga dapat meningkatkan kapasitas short term memory.
c. Long term memory
Di sini disimpan informasi faktual, pengetahuan eksperimen, prosedur tingkah laku, dan semua yang kita tahu. Mempunyai kapasitas yang besar, dan waktu akses yang lebih lambat (puluhan detik) dan kemampuan untuk melupakan suatu hal, lambat.
Memory jangka panjang digunakan untuk menyimpan informasi dalam waktu yang lama. Informasi disimpan dari memory kerja setelah beberapa detik. Ada dua tipe long term memory : Episodic Memory dan Semantic Memory.   
1.      Episodic Memory : menggambarkan memori kita dari kejadian dan pengalaman dalam bentuk serial. Kita dapat mengingat lagi kejadian yang baru berlangsung dalam hidup kita.
2.      Semantic Memory :  dibentuk dari rekaman fakta, konsep dan keahlian yang telah kita capai. Informasi di semantik memory diteruskan dari episodic memory , sehingga kita dapat mempelajari fakta baru dari pengalaman kita.
 
5.  ·         Gulf of execution
Perbedaan antara formulasi aksi dari user  untuk mencapai goal dan aksi yang diijinkan oleh sistem.  Jika aksi yang diijinkan oleh sistem berkorespondensi pada aksi yang dimaksud user, maka interaksi akan efektif.
·         Gulf of evaluation
 Jarak antara representasi phisik dari sistem state dan pengharapan dari user.  Jika user dapat segera mengevaluasi penyajian sistem yang berhubungan dengan tujuannya, maka gulf of evaluation kecil.  Makin banyak usaha yang dibutuhkan user untuk menerjemahkan presentasi, makin tidak efektif interaksinya.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Whatever I Don't Care - Hatsune Miku - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -