- Back to Home »
- 2019 , Digital , DTS , E-learning , Kominfo , Pelatihan , Pengetahuan , Scholarship , Talent »
- Kewirausahaan Digital (BATCH 1) || Kelas Kewirausahaan Digital/Digipreneur Academy
Posted by : Arifah Nur Ainia
Materi yang disampaikan dalam sesi ini merupakan pengantar
kewirausahaan digital mencakup, revolusi industri 4.0, transformasi
digital dan perkembangan ekonomi digital indonesia, ekosistem ekonomi
digital, bagaimana membentuk pola pikir kewirausahaan di era digital
serta pengertian dan ruang lingkup kewirausahaan digital.
Untuk
bisa lulus sesi ini kamu harus mendapatkan nilai sempurna (100%) pada
Ujian Sesi. Kerjakan Ujian Sesi sebelum tanggal 28 Juli 2019 pukul 23.00
WIB. Ingat, kamu harus lulus sesi ini untuk bisa lanjut ke sesi
berikutnya. Manfaatkanlah Quiz untuk menguji pemahaman kamu terhadap
setiap materi yang diberikan. Kamu juga bisa mengerjakan Quiz secara
berulang-ulang. Sesi ini dilengkapi modul berbentuk pdf untuk kamu yang
lebih suka belajar dengan membaca.
Selamat belajar, Digitalent!Video 1.1. Revolusi Industri 4.0 URL
Pada topik pertama dalam pengantar
kewirausahaan ini kamu diberikan pengetahuan mengenai revolusi industri
dari 1.0 hingga 4.0. Berkembangnya Internet of Things dan Artificial
Inteligence adalah ciri dari revolusi industri 4.0. Dalam materi ini
dijelaskan juga tentang pengembangan konsep society 5.0.
Modul 1.1 "Revoulusi Industri 4.0"Video 1.2 Transformasi Digital Dan Perkembangan Ekonomi Digital Indonesia
Modul 1.2 "Transformasi Digital dan Perkembangan Ekonomi"
Video 1.3 Ekosistem Ekonomi Digital (Infrastruktur, SDM, dan Permodalan)
Ekosistem ekonomi digital merupakan bahasan dari materi ketiga khususnya
pada bidang infrastruktur, SDM, dan Permodalan serta dijelaskan pula
perbedaan dengan ekosistem ekonomi konvensional.
Modul 1.3 "Ekosistem ekonomi digital" Video 1.4 Pola Pikir Kewirausahaan Di Era Digital
Materi ke 4 ini membantu anda memahami dan membentuk pola pikir
kewirausahaan. Pola pikir ini dibagi menjadi dua yaitu fixed mindset dan
growth mindset.
Modul 1.4 "Pola Pikir Kewirausahaan di Era Digital"Video 1.5 Pengertian Dan Ruang Lingkup Kewirausaahan Digital
Materi terakhir dalam sesi 1 ini ditutup dengan pengertian dan ruang lingkup pada kewirausahaan digital.
Sesi 2: Memulai Kewirausahaan Digital
Sesi yang ke dua ini memberikan anda gambaran untuk memulai kewirausahaan digital yang dimulai dengan menemukan ide usaha digital, melakukan riset pasar, menyusun perencenaan usaha digital, mengindentifikasi risiko usaha digital, serta bagaimana membangun tim untuk usaha digital.
Video 2.1 Menemukan Ide Usaha Digital
Materi pertama di sesi yang kedua ini membantu anda sekalian untuk menemukan ide usaha digital, beserta langkah-langkah ideasi, membuat poin of view, dan membahas tentang customer journey
Video 2.2 Melakukan Riset Pasar URL
Materi yang kedua membahas tentang riset pemasaran, metode riset pemasaran, dan tantangannya.
Video 2.3 Menyusun Perencanaan Usaha Digital URL
Menyusun perencanaan usaha digital merupakan materi yang ke tiga dengan pembahasan mengenai usaha yang baik, bagaimana mengkonkretkan visi menjadi program nyata, dan menggunakan tools business model canvas.
Video 2.4 Mengidentifikasi Resiko Usaha Digital URL
Materi yang ke empat merupakan pembahasan mengenai jenis-jenis risiko usaha digital, tahapan manajemen risiko, serta penanggulangan risiko.
Video 2.5 Membangun Tim Usaha Digital URL
Materi terakhir dalam sesi kedua ini membahas bagaimana membangun tim yang baik sesuai fungsinya dalam usaha digital.
Sesi 3: Mengelola Kewirausahaan Digital
Sesi terakhir ini membahas bagaimana anda mengelola usaha digital dari mulai pengelolaan pemasaran usaha, pendanaan, strategi-strategi yang dilakukan saat pitching, mengelola kenaikan kelas usaha, dan yang terakhir evaluasi dan penilaian perkembangan usaha digital.
Video 3.1 Mengelola Pemasaran Usaha URL
Materi pertama di sesi pengelolaan usaha digital membahas tentang bagaimana mengelola pemasaran usaha menggunakan AIDA model
Video 3.2 Bootstraping, Seed Funding, Serial Funding, Dan Venture Capital URL
Materi ke dua di sesi terakhir membahas sumber-sumber pendanaan untuk usaha digital.
Video 3.3 Strategi Pitching URL
Strategi pitching merupakan materi ke 3 di sesi ini menjelaskan tentang variabel-variabel apa saja yang penting untuk melakukan pitching.
Video 3.4 Mengelola Kenaikan Kelas Usaha URL
Materi yang ke 4 di sesi ketiga ini membantu anda untuk mengelola kenaikan kelas usaha menggunakan model NSM.
Video 3.5 Evaluasi Dan Penilaian Perkembangan Usaha Digital URL
Pada materi terakhir di sesi kedua ini menjelaskan bagaimana mengevaluasi dan menilai perkembangan usaha digital
Sesi 4: Best Practice Kewirausahaan Digital Bagian 1
Pada sesi ini kamu akan mendapatkan best practice dari pelaku
kewirausahaan digital yang sukses dari bidang yang berbeda-beda.
Harapannya agar kamu mengetahui ide yang telah ada dan bagaimana mereka
mengelolanya, kemudian kamu bisa mengembangkan ide lain yang baru. Kamu
juga bisa mengikuti bagaimana pola dalam memulai dan mengelola usaha
digital. Pada bagian 1 ini akan ada narasumber dari bidang games, kesehatan, makanan, properti, pertanian dan disabilitas.
Games - AGATE URL
Games - AGATE URL
Sesi 5: Best Practice Kewirausahaan Digital Bagian 2
Pada sesi ini kamu akan mendapatkan best practice dari pelaku
kewirausahaan digital yang sukses dari bidang yang berbeda-beda.
Harapannya agar kamu mengetahui ide yang telah ada dan bagaimana mereka
mengelolanya, kemudian kamu bisa mengembangkan ide lain yang baru. Kamu
juga bisa mengikuti bagaimana pola dalam memulai dan mengelola usaha
digital. Pada bagian 2 ini akan ada narasumber dari bidang industri crowdfunding, blockchain, e-Comers, fintech, transportasi dan edukasi.
Fintech - Dana URL
Fintech - Dana URL
Sesi 6: Penutup
Motivation Speech Menteri Komunikasi dan Informasi
Sumber : https://mooc.live.unpad.ac.id
Motivation Speech Menteri Komunikasi dan Informasi