- Back to Home »
- 2019 , Digital , DTS , E-learning , Kominfo , Pelatihan , Pengetahuan , Scholarship , Talent »
- Soft Skills Development (BATCH 1) || Kelas Kewirausahaan Digital/Digipreneur Academy
Posted by : Arifah Nur Ainia
Pada
 sesi 1 kamu akan mempelajari bagaimana kesempatan dan budaya kerja di 
dinua digital abad ini. Kamu juga akan disuguhkan mengenai mengapa perlu
 penguasaan softkills untuk bisa sukses di era digital. Selain itu. Narasumber
 akan menjelaskan materi mengenai bagaimana kamu bisa mengenal minat dan
 bakat probadi kamu. Kemudian kamu akan diberikan arahan bagaimana 
merumuskan tujuan dan jenjang karir. Selain itu, kamu akan diberikan 
strategi bagaimana membuat CV yang efektif.
Kamu akan diberikan tugas untuk 
menuliskan rencana karir kamu dengan GROW model. Pada Tugas 2, kamu akan
 diberi tugas untuk membuat CV yang baik.  selain itu ada quiz untuk 
mereview pemahaman kamu terhadap topik yang sudah kamu simak.
Module Kelas Soft SKills DevelopmentURL 
Klik link berikut untuk mendownload Module Kelas Soft Skills Development
Topik 1: Kesempatan dan Budaya Kerja Dunia Digital
  
 Topik 7: Pemahaman Proses Rekrutmen dan Persiapannya
 Peserta akan diberikan tips dan trik
 serta hal-hal yang sebaiknya dilakukan dan tidak dilakukan saat 
mengikuti wawancara kerja. Pertanyaan- pertanyaan umum yang sering 
muncul dalam wawancara kerja akan dibahas secara lebih mendalam, 
termasuk cara menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut. Peserta juga akan
 mempelajari hal-hal lain yang harus diperhatikan termasuk pakaian, 
bahasa tubuh, dan cara bicara. 
Peserta juga akan dibekali dengan teknik dasar dalam negosiasi yang baik dan benar.
 
Klik link berikut untuk mendownload Module Kelas Soft Skills Development
Topik 1: Kesempatan dan Budaya Kerja Dunia Digital
Topik ini bertujuan memberikan 
pemahaman kepada peserta tentang berbagai peluang, lingkungan, dan 
budaya kerja yang ada di dunia digital. 
Materi mencakup gambaran tentang 
berbagai profesi baru yang berkembang dan berbagai kesempatan yang dapat
 dimiliki untuk mengembangkan karir dalam industri digital saat ini dan 
di masa yang akan datang. Berbagai contoh karir diberikan untuk 
meningkatkan pemahaman peserta. 
Peserta juga akan mendapat gambaran 
umum mengenai cara kerja yang berbeda-beda sesuai dengan sektor 
pekerjaan terkait. Penjelasan tentang kelebihan dan kekurangan dari 
lingkungan kerja di era digital juga akan diberikan untuk meningkatkan 
pemahaman peserta. Perbedaan budaya kerja seperti pengaturan jam kerja, 
struktur birokrasi, dan ritme kerja di berbagai sektor akan diberikan 
sebagai contoh. 
Peserta akan didorong untuk 
menumbuhkan passion dan kecintaan terhadap dunia kerja digital. Materi 
akan mencakup penjelasan tentang dampak yang dapat dihasilkan dari 
profesi mereka, serta bagaimana mereka dapat membuat perubahan melalui 
pekerjaan mereka. 
Perubahan sosial yang telah 
berhasil diciptakan startup-startup lokal akibat perkembangan teknologi 
digital akan diberikan sebagai contoh.
Dalam pembahasan topik ini, peserta 
akan mendapat gambaran tentang soft-skills yang akan dipelajari selama 
program Soft-Skills Development. 
Peserta akan mendapat pemahaman 
betapa pentingnya memiliki soft-skill di dunia kerja, serta bagaimana 
menggunakan soft-skill untuk meningkatkan karir. 
Contoh soft-skill yang akan dibahas adalah soft- skill komunikasi. 
Pada sesi ini peserta dapat 
mengenali minat, bakat dan profil diri sendiri. Peserta diberi 
serangkaian tools yang akan dapat memotret karakter peserta. SWOT 
analisis untuk profil diri, MBTI untuk mengetahui kepribadian, dan test 
bakat lainnya. Peserta mendapatkan contoh- contoh profil tokoh yang 
berhasil dalam bidang digital dan kecenderungan karakter tokoh tersebut.
 
Peserta juga akan menjajaki pilihan 
karir di dunia digital berdasarkan penelusuran minat, bakat dan profil 
diri pada pertemuan sebelumnya.
Dengan begitu peserta dapat menentukan pilihan pada karir yang tepat sesuai dengan minat dan bakat yang dimiliki.
Pada sesi ini peserta diajak untuk 
menyadari pentingnya memiliki career objective dan career path agar 
menjadi lebih fokus dalam mencapai tujuannya. Selain itu, peserta juga 
akan mendapat pengetahuan dalam merumuskan career objective dan career 
path yang benar dan terukur. Output dari pembelajaran sesi ini peserta 
mengetahui career objective dan career path pada pilihan karir yang 
menjadi minatnya.
Setelah menentukan career objective 
dan career path yang ingin ditempuh peserta, pada sesi ini peserta 
dibimbing untuk mempersiapkan proses melamar pekerjaan. 
Sesi ini diharapkan dapat 
menumbuhkan inisiatif peserta untuk aktif mencari tahu informasi dan 
proses yang ditentukan oleh perusahaan yang ingin dilamar selama proses 
rekrutmen. 
Pada tahap ini, peserta juga 
dibimbing untuk membuat CV yang efektif, serta sesuai dengan 
karakteristik dan sektor perusahaan digital. 
Hasil CV peserta diharapkan memuat 
segala informasi yang dibutuhkan oleh perusahaan, serta menunjukan latar
 belakang, kelebihan dan prestasi peserta.
Topik 6: Menggunakan Platform Digital Pencarian Kerja
Sesi ini bertujuan untuk memberikan pengalaman bagi peserta untuk menggunakan platform digital pencarian kerja. 
Dengan menggunakan berbagai platform
 digital, diharapkan peserta dapat lebih mudah mendapat informasi 
lowongan pekerjaan dan melamar pekerjaan. 
Sesi ini bertujuan memberikan 
gambaran umum proses rekrutmen pada dunia kerja yang perlu diketahui 
oleh peserta agar dapat mempersiapkan diri dalam menghadapi proses 
rekrutmen. Pada sesi ini, peserta akan diberi pengetahuan bentuk-bentuk 
proses rekrutmen yang umum di dilaksanakan saat ini. 
Peserta kemudian akan mendapatkan 
materi tentang tipe-tipe wawancara di dunia kerja dan contoh-contoh 
pertanyaan dalam tipe-tipe wawancara tersebut sehingga mampu 
mempersiapkan informasi yang akan dibutuhkan oleh pewawancara, selain 
itu peserta juga mampu menjelaskan perbedaan dari masing-masing tipe 
wawancara.
Peserta juga akan dibekali dengan teknik dasar dalam negosiasi yang baik dan benar.
Sesi2
Pada
 sesi 2 ini kamu akan dituntun untuk memahami bagaimana komunikasi lisan
 dan tulisan yang efektif. Kamu juga akan diberikan informasi mengenai 
mindset apa saja yang perlu dikembangkan saat ini untuk dapat sukses di 
dunia kerja. Selain itu, kamu akan dipaparkan mengenai bagaimana 
mengelola waktu dan menjalin jejarin dan berkolaborasi.
Pada sesi 2 ini aka nada quiz dan tugas akhir. Dua item ini menentukan kelulusan kamu.
Topik 9: Komunikasi Lisan dan Tertulis Yang Efektif
 Pada sesi ini, peserta mendapatkan 
informasi bagaimana cara berkomunikasi yang efektif baik secara lisan 
maupun tulisan. Prinsip-prinsip komunikasi yang efektif seperti REACH 
(Respect, Empathy, Audible, Clarity dan Humble) dijelaskan juga pada 
sesi ini. 
Peserta diberikan materi bagaimana berkomunikasi dengan baik dan benar sesuai dengan etika di dunia maya (netiquette). Contoh penulisan email yang benar dan lain sebagainya.
 Topik 10: Mindset ( Bag.1 )
Pada sesi ini peserta akan diberikan informasi mengenai mindset apa saja yang perlu dikembangkan saat ini untuk dapat sukses di dunia kerja. Diantaranya: Growth Mindset, Solution-Oriented, Self-Leadership
Topik 11: Mindset ( Bag.2 )
  Pada sesi ini peserta akan diberikan 
informasi mengenai mindset apa saja yang perlu dikembangkan saat ini 
untuk dapat sukses di dunia kerja. Diantaranya: Critical Thinking, 
Adaptability, Customer-Centric, Data-driven Decision Making 
Topik 12: Berjejaring dan Berkolaborasi
 Pada sesi ini, peserta akan diberi 
pemahaman arti penting keuntungan bila memiliki jejaring dan kolaborasi.
 Baik dalam proses pencarian kerja maupun untuk pengembangan karirnya 
nanti. Materi yang akan diberikan: 
 Topik 13: Manajemen waktu
 Dalam era digital, sangat penting 
bagi peserta untuk mengetahui manajemen waktu. Oleh karena itu pada sesi
 ini, peserta akan diberikan pemahaman bagaimana cara manajemen waktu 
serta memaksimalkan waktu untuk menjadi lebih produktif dalam bekerja. 
Kebebasan waktu dan sistem kerja yang fleksibel bisa menjadi nilai tambah bekerja di era digital, namun bisa juga menjadi tantangan. Peserta harus belajar bertanggungjawab atas target pekerjaan, walaupun tanpa sistem kerja yang formal.
Remote worker, pekerja yang tidak datang ke kantor namun tetap produktif dan mencapai target akan diberikan sebagai contoh dalam sesi ini.
 Tugas Akhir Assignment
Pada sesi 2 ini aka nada quiz dan tugas akhir. Dua item ini menentukan kelulusan kamu.
Topik 9: Komunikasi Lisan dan Tertulis Yang Efektif
Peserta diberikan materi bagaimana berkomunikasi dengan baik dan benar sesuai dengan etika di dunia maya (netiquette). Contoh penulisan email yang benar dan lain sebagainya.
Pada sesi ini peserta akan diberikan informasi mengenai mindset apa saja yang perlu dikembangkan saat ini untuk dapat sukses di dunia kerja. Diantaranya: Growth Mindset, Solution-Oriented, Self-Leadership
Topik 11: Mindset ( Bag.2 )
Topik 12: Berjejaring dan Berkolaborasi
- 
Pentingnya membangun jejaring 
 
- 
Cara mengembangkan jejaring 
 
- 
Peran penting kolaborasi 
 
- 
Do and dont’s dalam kolaborasi 
 
Kebebasan waktu dan sistem kerja yang fleksibel bisa menjadi nilai tambah bekerja di era digital, namun bisa juga menjadi tantangan. Peserta harus belajar bertanggungjawab atas target pekerjaan, walaupun tanpa sistem kerja yang formal.
Remote worker, pekerja yang tidak datang ke kantor namun tetap produktif dan mencapai target akan diberikan sebagai contoh dalam sesi ini.
Buat video dengan durasi ±1 menit dengan memilih salah satu tema berikut:
- Perkenalan diri termasuk skills dan kelebihan yang dimiliki.
- Ide start-up kamu.
- Testimoni kamu mengenai program Digital Talent Scholarship 2019
- Upload video kamu ke youtube.com
- Copy dan paste link video youtube kamu di kolom upload tugas

 
 
 
 
 
 
 
 

 
 
 
 #ref-menu
#ref-menu