- Back to Home »
- 2019 , Digital , DTS , E-learning , Kominfo , Pelatihan , Pengetahuan , Scholarship , Talent »
- Soft Skills Development (BATCH 1) || Kelas Kewirausahaan Digital/Digipreneur Academy
Posted by : Arifah Nur Ainia
Pada
sesi 1 kamu akan mempelajari bagaimana kesempatan dan budaya kerja di
dinua digital abad ini. Kamu juga akan disuguhkan mengenai mengapa perlu
penguasaan softkills untuk bisa sukses di era digital. Selain itu. Narasumber
akan menjelaskan materi mengenai bagaimana kamu bisa mengenal minat dan
bakat probadi kamu. Kemudian kamu akan diberikan arahan bagaimana
merumuskan tujuan dan jenjang karir. Selain itu, kamu akan diberikan
strategi bagaimana membuat CV yang efektif.
Kamu akan diberikan tugas untuk
menuliskan rencana karir kamu dengan GROW model. Pada Tugas 2, kamu akan
diberi tugas untuk membuat CV yang baik. selain itu ada quiz untuk
mereview pemahaman kamu terhadap topik yang sudah kamu simak.
Module Kelas Soft SKills DevelopmentURL
Klik link berikut untuk mendownload Module Kelas Soft Skills Development
Topik 1: Kesempatan dan Budaya Kerja Dunia Digital
Topik 7: Pemahaman Proses Rekrutmen dan Persiapannya
Peserta akan diberikan tips dan trik
serta hal-hal yang sebaiknya dilakukan dan tidak dilakukan saat
mengikuti wawancara kerja. Pertanyaan- pertanyaan umum yang sering
muncul dalam wawancara kerja akan dibahas secara lebih mendalam,
termasuk cara menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut. Peserta juga akan
mempelajari hal-hal lain yang harus diperhatikan termasuk pakaian,
bahasa tubuh, dan cara bicara.
Peserta juga akan dibekali dengan teknik dasar dalam negosiasi yang baik dan benar.
Klik link berikut untuk mendownload Module Kelas Soft Skills Development
Topik 1: Kesempatan dan Budaya Kerja Dunia Digital
Topik ini bertujuan memberikan
pemahaman kepada peserta tentang berbagai peluang, lingkungan, dan
budaya kerja yang ada di dunia digital.
Materi mencakup gambaran tentang
berbagai profesi baru yang berkembang dan berbagai kesempatan yang dapat
dimiliki untuk mengembangkan karir dalam industri digital saat ini dan
di masa yang akan datang. Berbagai contoh karir diberikan untuk
meningkatkan pemahaman peserta.
Peserta juga akan mendapat gambaran
umum mengenai cara kerja yang berbeda-beda sesuai dengan sektor
pekerjaan terkait. Penjelasan tentang kelebihan dan kekurangan dari
lingkungan kerja di era digital juga akan diberikan untuk meningkatkan
pemahaman peserta. Perbedaan budaya kerja seperti pengaturan jam kerja,
struktur birokrasi, dan ritme kerja di berbagai sektor akan diberikan
sebagai contoh.
Peserta akan didorong untuk
menumbuhkan passion dan kecintaan terhadap dunia kerja digital. Materi
akan mencakup penjelasan tentang dampak yang dapat dihasilkan dari
profesi mereka, serta bagaimana mereka dapat membuat perubahan melalui
pekerjaan mereka.
Perubahan sosial yang telah
berhasil diciptakan startup-startup lokal akibat perkembangan teknologi
digital akan diberikan sebagai contoh.
Dalam pembahasan topik ini, peserta
akan mendapat gambaran tentang soft-skills yang akan dipelajari selama
program Soft-Skills Development.
Peserta akan mendapat pemahaman
betapa pentingnya memiliki soft-skill di dunia kerja, serta bagaimana
menggunakan soft-skill untuk meningkatkan karir.
Contoh soft-skill yang akan dibahas adalah soft- skill komunikasi.
Pada sesi ini peserta dapat
mengenali minat, bakat dan profil diri sendiri. Peserta diberi
serangkaian tools yang akan dapat memotret karakter peserta. SWOT
analisis untuk profil diri, MBTI untuk mengetahui kepribadian, dan test
bakat lainnya. Peserta mendapatkan contoh- contoh profil tokoh yang
berhasil dalam bidang digital dan kecenderungan karakter tokoh tersebut.
Peserta juga akan menjajaki pilihan
karir di dunia digital berdasarkan penelusuran minat, bakat dan profil
diri pada pertemuan sebelumnya.
Dengan begitu peserta dapat menentukan pilihan pada karir yang tepat sesuai dengan minat dan bakat yang dimiliki.
Pada sesi ini peserta diajak untuk
menyadari pentingnya memiliki career objective dan career path agar
menjadi lebih fokus dalam mencapai tujuannya. Selain itu, peserta juga
akan mendapat pengetahuan dalam merumuskan career objective dan career
path yang benar dan terukur. Output dari pembelajaran sesi ini peserta
mengetahui career objective dan career path pada pilihan karir yang
menjadi minatnya.
Setelah menentukan career objective
dan career path yang ingin ditempuh peserta, pada sesi ini peserta
dibimbing untuk mempersiapkan proses melamar pekerjaan.
Sesi ini diharapkan dapat
menumbuhkan inisiatif peserta untuk aktif mencari tahu informasi dan
proses yang ditentukan oleh perusahaan yang ingin dilamar selama proses
rekrutmen.
Pada tahap ini, peserta juga
dibimbing untuk membuat CV yang efektif, serta sesuai dengan
karakteristik dan sektor perusahaan digital.
Hasil CV peserta diharapkan memuat
segala informasi yang dibutuhkan oleh perusahaan, serta menunjukan latar
belakang, kelebihan dan prestasi peserta.
Topik 6: Menggunakan Platform Digital Pencarian Kerja
Sesi ini bertujuan untuk memberikan pengalaman bagi peserta untuk menggunakan platform digital pencarian kerja.
Dengan menggunakan berbagai platform
digital, diharapkan peserta dapat lebih mudah mendapat informasi
lowongan pekerjaan dan melamar pekerjaan.
Sesi ini bertujuan memberikan
gambaran umum proses rekrutmen pada dunia kerja yang perlu diketahui
oleh peserta agar dapat mempersiapkan diri dalam menghadapi proses
rekrutmen. Pada sesi ini, peserta akan diberi pengetahuan bentuk-bentuk
proses rekrutmen yang umum di dilaksanakan saat ini.
Peserta kemudian akan mendapatkan
materi tentang tipe-tipe wawancara di dunia kerja dan contoh-contoh
pertanyaan dalam tipe-tipe wawancara tersebut sehingga mampu
mempersiapkan informasi yang akan dibutuhkan oleh pewawancara, selain
itu peserta juga mampu menjelaskan perbedaan dari masing-masing tipe
wawancara.
Peserta juga akan dibekali dengan teknik dasar dalam negosiasi yang baik dan benar.
Sesi2
Pada
sesi 2 ini kamu akan dituntun untuk memahami bagaimana komunikasi lisan
dan tulisan yang efektif. Kamu juga akan diberikan informasi mengenai
mindset apa saja yang perlu dikembangkan saat ini untuk dapat sukses di
dunia kerja. Selain itu, kamu akan dipaparkan mengenai bagaimana
mengelola waktu dan menjalin jejarin dan berkolaborasi.
Pada sesi 2 ini aka nada quiz dan tugas akhir. Dua item ini menentukan kelulusan kamu.
Topik 9: Komunikasi Lisan dan Tertulis Yang Efektif
Pada sesi ini, peserta mendapatkan
informasi bagaimana cara berkomunikasi yang efektif baik secara lisan
maupun tulisan. Prinsip-prinsip komunikasi yang efektif seperti REACH
(Respect, Empathy, Audible, Clarity dan Humble) dijelaskan juga pada
sesi ini.
Peserta diberikan materi bagaimana berkomunikasi dengan baik dan benar sesuai dengan etika di dunia maya (netiquette). Contoh penulisan email yang benar dan lain sebagainya.
Topik 10: Mindset ( Bag.1 )
Pada sesi ini peserta akan diberikan informasi mengenai mindset apa saja yang perlu dikembangkan saat ini untuk dapat sukses di dunia kerja. Diantaranya: Growth Mindset, Solution-Oriented, Self-Leadership
Topik 11: Mindset ( Bag.2 )
Pada sesi ini peserta akan diberikan
informasi mengenai mindset apa saja yang perlu dikembangkan saat ini
untuk dapat sukses di dunia kerja. Diantaranya: Critical Thinking,
Adaptability, Customer-Centric, Data-driven Decision Making
Topik 12: Berjejaring dan Berkolaborasi
Pada sesi ini, peserta akan diberi
pemahaman arti penting keuntungan bila memiliki jejaring dan kolaborasi.
Baik dalam proses pencarian kerja maupun untuk pengembangan karirnya
nanti. Materi yang akan diberikan:
Topik 13: Manajemen waktu
Dalam era digital, sangat penting
bagi peserta untuk mengetahui manajemen waktu. Oleh karena itu pada sesi
ini, peserta akan diberikan pemahaman bagaimana cara manajemen waktu
serta memaksimalkan waktu untuk menjadi lebih produktif dalam bekerja.
Kebebasan waktu dan sistem kerja yang fleksibel bisa menjadi nilai tambah bekerja di era digital, namun bisa juga menjadi tantangan. Peserta harus belajar bertanggungjawab atas target pekerjaan, walaupun tanpa sistem kerja yang formal.
Remote worker, pekerja yang tidak datang ke kantor namun tetap produktif dan mencapai target akan diberikan sebagai contoh dalam sesi ini.
Tugas Akhir Assignment
Pada sesi 2 ini aka nada quiz dan tugas akhir. Dua item ini menentukan kelulusan kamu.
Topik 9: Komunikasi Lisan dan Tertulis Yang Efektif
Peserta diberikan materi bagaimana berkomunikasi dengan baik dan benar sesuai dengan etika di dunia maya (netiquette). Contoh penulisan email yang benar dan lain sebagainya.
Pada sesi ini peserta akan diberikan informasi mengenai mindset apa saja yang perlu dikembangkan saat ini untuk dapat sukses di dunia kerja. Diantaranya: Growth Mindset, Solution-Oriented, Self-Leadership
Topik 11: Mindset ( Bag.2 )
Topik 12: Berjejaring dan Berkolaborasi
-
Pentingnya membangun jejaring
-
Cara mengembangkan jejaring
-
Peran penting kolaborasi
-
Do and dont’s dalam kolaborasi
Kebebasan waktu dan sistem kerja yang fleksibel bisa menjadi nilai tambah bekerja di era digital, namun bisa juga menjadi tantangan. Peserta harus belajar bertanggungjawab atas target pekerjaan, walaupun tanpa sistem kerja yang formal.
Remote worker, pekerja yang tidak datang ke kantor namun tetap produktif dan mencapai target akan diberikan sebagai contoh dalam sesi ini.
Buat video dengan durasi ±1 menit dengan memilih salah satu tema berikut:
- Perkenalan diri termasuk skills dan kelebihan yang dimiliki.
- Ide start-up kamu.
- Testimoni kamu mengenai program Digital Talent Scholarship 2019
- Upload video kamu ke youtube.com
- Copy dan paste link video youtube kamu di kolom upload tugas