Posted by : Arifah Nur Ainia





1.     Manusia adalah makhluk budaya sekaligus merupakan makhluk social yang tidak bisa hidup sendiri. Manusia harus bisa bergaul dan beradaptasi dengan lingkungan sekitar dimana ia bertempat tinggal karna manusia itu selalu membutuhkan antara yang lain dengan yang lainnya, bahkan bagaimana pun pandai atau kayanya seseorang suatu saat pasti butuh dan memerlukan bantuan orang lain, serta butuh komunikasi dengan lingkungan sekitar sehingga dapat tercipta nilai yang positif bagi diri seseorang tersebut. Dengan kemampuan berfikir dapat mendorong seseorang itu bisa hidup mandiri dan tidak harus selalu bergantung kepada orang lain. Dengan kemampuan berfikir pun lah seseorang juga bisa menciptakan nilai positif bagi diri dan lingkungannya sekaligus dapat tercipta hubungan yang harmonis dan kondusip dengan lingkungan sekitarnya.
2.      Manusia yang cerdas dan mempunyai kemampuan berfikir positif cenderung selalu menciptakan kebaikan dan kebenaran karena mereka tahu bahwa dengan kebaikan dan kebenaran itu lah manusia akan hidup tentram, aman dan damai, tidak menciptakan keributan dan keonaran dimana-mana yang mengakibatkan banyak korban berjatuhan akibat ulah orang – orang yang tidak bertanggung jawab tersebut. Manusia hendaknya bisa berbuat adil dan dapat menegakkan keadilan sesuai dengan keadaan yang ada, karena pada saatnya nanti semua manusia itu akan dimintai pertanggung jawaban oleh ALLAH SWT pencipta semua makhluk dan alam semesta ini. Dan sebagai kodrat dari kehidupan manusia mereka akan mempertanggung jawabkan apa yang telah diperbuat di dunia ini dan mereka juga akan mendapatkan ganjaran yang stimpal dengan apa yang telah diperbuatnya sehingga manusia tersebut mendapatkan ganjaran baik, buruk sesuai dengan amal perbuatanya.
3.     Menghadapi problematika kehidupan modern supaya menjadi orang yang berhasil dalam kehidupan social adalah
a. memegang teguh norma-norma kebenaran dalam masyarakat
b. mempunyai prinsip yang kuat untuk selalu menjadi diri sendiri yg kuat.
c. mengembangkan kehidupan yang berakhlak dan bertasawuf.
d. harus mempunyai prinsip supaya hidup kita tidak terperosok dalam kedudukan yang menyesatkan dan bertentangan dengan prinsip kehidupan yang ada.
e. harus dapat memilah dan memilih prinsip atau aturan dan adat istiadat yang sesuai dengan bangsa kita.
f. ( klo kita bangsa Indonesia jawa) maka kita harus menjunjung tinggi adat ketimuran yang sesuai dengan adat dan budaya Negara kita
g. jangan mengagung-agungkan kehidupan modern yang sering kali bertentangan dengan adatistiadat kita(budaya jawa)
h. kita boleh bertoleransi terhadap kehidupan modern, selama tidak bertentangan dengan prinsip bangsa indonesia(adatistiadat budaya jawa).
4.     Kita harus mengamalkan pancasila ke generasi mudah supaya terealisasikan dan tidak terpengaruh oleh budaya asing. Peran pancasila yang pertama pada dasarnya adalah Pancasila digunakan sebagai penyaring informasi yang beragam. Bahwa kita memiliki budaya dan pedoman yang harus tetap dijaga sebagai sebuah identitas bahwa kita adalah bangsa indonesia. Jika sebuah warga negara tertutup, pastinya warga negara tersebut akan tertinggal jauh oleh perkembangan informasi yang begitu cepat. Pancasila menjaga nilai-nilai normatif-filosofis-ideologis bangsa Indonesia agar tetap sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang terjadi pada era modern sekarang ini.
Bangsa dan negara Indonesia tidak bisa menghindari akan adanya tantangan globalisasi, dengan menjadikan pancasila sebagai pedoman dalam menghadapi globalisasi bangsa Indonesia akan tetap bisa menjaga eksistensi dan jati diri bangsa Indonesia. Pancasila akan menilai nilai-nilai mana saja yang bisa diserap untuk disesuaikan dengan nilai-nilai Pancasila sendiri. Dengan begitu, nilai-nilai baru yang berkembang nantinya tetap berada di atas kepribadian bangsa Indonesia
Upaya Mempertahankan Ideologi Pancasila. Ideologi pancasila adalah milik bangsa Indonesia. Oleh karena itu pancasila adalah menjadi bagian yang tak terpisahkan dalam kehidupan sehari-hari bagi bangsa Indonesia. UUD1945 mengamanatkan bahwa setiap warga Negara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pembelaan Negara. Termasuk mempertahankan ideologi pancasila. Upaya-upaya itu dapat dilakukan antara lain, sebagai berikut:
a.     Menumbuhkan kesadaran untuk melaksanakan nilai-nilai luhur pancasila
b.     Melaksanakan ideologi pancasila secara konsisten
c.      Menempatkan pancasila sebagai sumber hukum dalam pembuatan peraturan perundangan nasional. 
d. Menempatkan pancasila sebagai moral dan kepribadian bangsa Indonesia.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Whatever I Don't Care - Hatsune Miku - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -